Skripsi : Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa
https:// johannessormin.blogspot.com
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN
MOTIVASI
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA
MATERI STRUKTUR ATOM
Johannes Sormin (NIM 4123131048)
ABSTRAK
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui adanya :
interaksi antara model PBL (Problem Based
Learning) dan motivasi terhadap hasil
belajar kimia siswa, interaksi antara model DI (Direct Instruction) dan motivasi terhadap hasil belajar kimia siswa,
korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil
belajar kimia siswa. Motivasi dalam penelitian ini dikelompokkan menjadi dua
kelompok yaitu motivasi belajar siswa yang tinggi dan motivasi belajar siswa
yang rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA I dan X MIPA IV. Teknik pengambilan data siswa dilakukan secara Random. Dalam penelitian ini digunakan rancangan ANAVA (faktorial) 2x2, yang berarti ada dua faktor yang diteliti yaitu faktor model pembelajaran
dan faktor motivasi belajar. Data yang diamati adalah hasil belajar kimia yang diperoleh dengan
pemberian pretest dan postest dengan menggunakan soal pilihan berganda sebanyak 23 item yang sudah memenuhi syarat validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran dan daya pembeda. Data yang diperoleh diuji normalitas dan
homogenitasnya, selanjutnya uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis
ragam.
Hasil hipotesis
menunjukkan Fhitung < Ftabel dimana Fhitung
(AB) = 0,346 sedangkan Ftabel = 1,69; maka Ho
diterima berarti tidak
ada interaksi antara model PBL (Problem Based Learning) ataupun DI (Direct Instruction) dan motivasi terhadap hasil belajar kimia siswa. Disisi lain hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar
siswa pada kelas eksperimen I yang dibuktikan dengan rhit > rtabel dimana 0,534 > 0,312
yang berarti Ho ditolak. Begitu pula dengan kelas eksperimen II menunjukkan
adanya korelasi yang signifikan antara motivasi dengan hasil belajar siswa yakni rhit > rtabel dimana 0,721 > 0,312.
Kata
kunci : hasil
belajar kimia, model problem based
learning, model direct interaction, dan motivasi.
Komentar
Posting Komentar